Ayo Menumbuhkan Nilai Karakter Cinta Damai Lewat Darik!

Nilai karakter cinta damai terdiri dari dua kata, yaitu cinta dan damai. Cinta dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) termasuk kelas kata adjektiva dan disimbolkan dengan huruf a. Menurut KBBI, cinta bisa berarti suka sekali, dan juga bisa diartikan sebagai sayang benar. Selanjutnya menurut KBBI, damai diartikan sebagai tidak ada perang; tidak ada kerusuhan; aman. Selain itu juga diartikan sebagai tenteram; tenang. Lebih lanjut lagi, menurut KBBI, damai juga berarti keadaan tidak bermusuhan; rukun.

Berdasarkan pengertian tersebut titik berat cinta damai adalah kesadaran diri sebagai warga negara untuk menjaga kedamaian. Sehingga menumbuhkan karakter ini akan menjadikan anak memiliki sikap tersebut. Namun, hal tersebut tidak dapat terjadi secara otomatis. Membutuhkan proses pembelajaran yang panjang. Selain itu, anak juga memerlukan dukungan sekitar agar bisa mempelajarinya.

Lebih lanjut, nilai karakter cinta damai ini juga membutuhkan perawatan yang baik. Hal ini karena salah satu indikator karakter cinta damai pada anak adalah menyadari perannya sebagai warga negara. Pada akhirnya, kesadaran inilah yang akan menjadi pintu masuk bagi terbangunnya kesadaran diri dalam menciptakan nilai cinta damai. Oleh karena itu, orang tua atau guru selaku pendidik dapat merawatnya melalui berbagai kegiatan. Kegiatan-kegiatan yang dipilih tentu menyesuaikan usia dan tingkat pendidikan anak.

Pada anak usia dini, mengajaknya melakukan hal-hal sederhana bisa menjadi alternatif. Misalnya, dengan mengingatkan anak agar tidak berkelahi. Aktivitas lain yang juga bisa dilakukan adalah dengan membacakan cerita. Cerita tersebut tentunya harus memiliki muatan rasa cinta damai.

Nilai Karakter Cinta Damai pada Anak

Nilai cinta damai dalam pendidikan karakter bersumber dari Pancasila. Nilai-nilai yang terkandung di dalamnya telah tertanam kuat sejak zaman dahulu kala hingga sekarang. Namun, sayangnya terkadang bagi sebagian nilai-nilai tersebut sudah mulai luntur. Oleh karena itu, menumbuhkannya pada anak sejak usia dini merupakan kewajiban kita semua. Tujuannya agar anak dapat menerapkan nilai-nilai tersebut secara nyata dalam kehidupan. Contohnya, yaitu melalui pikiran, tutur kata, dan perilaku yang berdasarkan Pancasila.

Nilai karakter cinta damai meliputi perilaku yang mengutamakan kesatuan. Selain itu juga terkait perilaku mewujudkan harmoni dalam lingkungan yang majemuk. Selanjutnya akan mampu menumbuhkan dorongan untuk bisa hidup berdampingan dalam masyarakat multikultural. Oleh karena itu menumbuhkan nilai-nilai tersebut dapat ditumbuhkan melalui beragam tulisan. Salah satu contohnya adalah puisi darik.

Seperti halnya dengan genre puisi lainnya, puisi darik sebagai genre baru juga bisa dibuat dari berbagai tema. Lebih lanjut lagi tema-tema tersebut bisa menyesuaikan dengan target sasaran. Di sisi lain, bagi anak usia dini dan pendidikan dasar, tema nilai karakter sangat relevan. Oleh karena itu, dengan menanamkan lewat puisi mereka akan belajar mengeksplorasi banyak nilai dalam karakter pendidikan. Selanjutnya lewat membaca mereka akan bisa menemukan makna. Salah satu contohnya adalah makna nilai cinta damai dalam pendidikan karakter.

Berikut ini adalah contoh puisi darik tema nilai cinta damai dalam pendidikan karakter.

Contoh Darik Nilai Cinta Damai (1)

Karakter Cinta damai

Sudah!

Sudah!

Jangan teruskan!
Mohon berhentilah!

Keributan tak terhindarkan
Bentakan berbalas teriakan
Hingga adu tangan

Berawal dari perkara sederhana
Mendadak menjelma kerumitan nyata
Meskipun mereka sebenarnya tahu
Segala bisa diselesaikan sebaik-baiknya

Namun, keduanya merasa benar
Terlalu rendah untuk mengalah
Hingga perkelahian menjadi kebiasaan
Cukup sudah semuanya itu

Tidak ada gunanya
Untuk apa diteruskan
Demi kepuasan diri?

Bisa jadi
Tidak seharusnya

Kerusuhan

Contoh Puisi Darik (2)

Karakter cinta damai

Cinta untuk Damai Kotaku

Tersimpan rindu untuk kotaku
Tentang banyak latar belakang
Juga kondisi penghuni sudutnya
Tak lelah merawat kota

Menjauhkan dari huru-hara
Mendekatkan pada kebersamaan
Demi keutuhan perbedaan

Aku mengikutinya
Caraku berbeda

Rukun

Cinta

Dalam pikiran
Juga tindakan

Demi terwujudnya kedamaian
Sesuatu yang dicitakan
Ada ikrar kuucapkan

Tanpa perkelahian dan pertengkaran
Begitu sederhana yang kulakukan
Akan berguna sepanjang kehidupan
Mewujudkan keyakinan kuat kemudian

Demikian contoh-contoh puisi darik dengan tema cinta damai. Selanjutnya untuk contoh-contoh lain, orang tua atau guru bisa mengembangkan sendiri sesuai kreativitas. Di sisi lain, penulis juga masih membutuhkan masukan. Tujuannya adalah agar ke depannya bisa menghasilkan karya lebih baik. Selain itu, juga agar bisa terus mengasah kreativitas mengolah kata demi peningkatan kualitas pendidikan karakter anak. Contoh-contoh tersebut pastinya jauh dari kata sempurna. Kesimpulannya, mari saling menyempurnakan demi bersama-sama berjuang menanamkan karakter positif kepada anak sejak usia dini. Semoga dapat menjadi bahan referensi dalam menumbuhkan karakter cinta damai kepada anak. Juga sekaligus sebagai upaya mendukung pengembangan nilai dalam pendidikan karakter anak.

Baca Juga: Puisi Darik: Genre Baru Puisi yang Menarik

Salam Bloger Pembelajar

Sudomo
www.eigendomo.com

  • Puisi Darik
  • Puisi Darik
Menulis di Blog Jadi Buku

Leave a Reply

Your email address will not be published.