Bimtek LMS Bagi Calon Guru Penggerak

Lombok Barat – Hari ini (8/4) Calon Guru Penggerak (CGP) mengikuti Bimbingan Teknis Pengenalan Learning Management System (LMS). Bimbingan Teknis (Bimtek) dilaksanakan melalui aplikasi Zoom Meeting selama 4,5 jam mulai pukul 09.00 Wita. Dalam kegiatan yang merupakan tahap awal pembekalan bagi CGP Angkatan 2 ini menghadirkan Erning Wijayati, S.AB.,M.M. sebagai fasilitator. Dalam kesempatan tersebut Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Kemendikbud) RI mengundang sebanyak 312 orang sebagai peserta dari 6 kabupaten se-NTB. Kabupaten tersebut, yaitu Lombok Barat, Lombok Tengah, Lombok Timur, Sumbawa, Dompu, dan Bima. Peserta tersebut berasal dari dua tingkat pendidikan, yaitu dasar dan menengah. Peserta dari pendidikan menengah di bawah naungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTB sebanyak 58 orang dari 6 kabupaten se-NTB.

Dalam kegiatan secara daring tersebut, Erning Wijayanti selaku fasilitator memaparkan tentang cara menggunakan LMS kepada CGP. Dalam paparannya, Erning menjelaskan tentang bentuk-bentuk kegiatan yang akan dilakukan oleh CGP selama 9 bulan ke depan. Lebih lanjut fasilitator Guru Penggerak wilayah Malang ini memberikan contoh timeline yang digunakan sebagai panduan dalam melaksanakan pelatihan guru penggerak. Tidak terkecuali memberikan pemahaman kepada peserta tentang bentuk kolaborasi antara CGP dengan pendamping. Selain itu, fasilitator dari P4TK PPKN dan IPS ini juga memberikan kesempatan kepada peserta untuk melakukan demo dan juga menjelaskan fitur-fitur yang ada dalam LMS.

Banyak poin penting mencuat dalam sesi tanya jawab dengan peserta. Salah satunya adalah terkait keberagaman jurusan dalam kelompok CGP. Hal tersebut menjadi pertanyaan salah seorang peserta. Guna mengobati rasa penasaran, Erning pun angkat bicara. Menurut fasilitator berpengalaman ini, hal tersebut bukanlah sebuah hambatan. Lebih lanjut Erning menjelaskan bahwa dalam program guru penggerak ini sifatnya umum. Dalam artian materi yang diberikan tidak terkait dengan mata pelajaran.

Bimtek pun berakhir setelah semua pertanyaan peserta terjawab. Dari Bimtek tersebut ada pembelajaran baru terkait pemanfaatan LMS. Selain itu ada juga pembelajaran bahwa untuk bisa menggerakkan orang lain, kita harus terlebih dahulu bisa menggerakkan diri ke arah yang lebih baik.

Salam Bloger Pembelajar

Sudomo
www.eigendomo.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.