0 14 min

Mengenal IDN App

“Hari gini ada enggak sih aplikasi baca berita terpercaya?”

Pertanyaan yang banyak muncul di benak kaum milenial dan gen z di tengah gempuran kabar hoaks. Di era digital, bacaan yang terpercaya sangat diperlukan. Kebutuhan bacaan bagus sudah menjadi salah satu bagian lifestyle kaum milenial dan gen z. Bagaimanapun juga membaca secara digital merupakan cara mengisi waktu yang menyenangkan. Bukan saja bagi kaum rebahan, tetapi juga bagi golongan mapan. Sebenarnya semua memiliki kebutuhan yang sama akan bacaan agar tidak ketinggalan zaman. Tentunya kaum masa depan bangsa inilah yang memiliki peran vital dalam perkembangan bacaan digital. Bukan saja bacaan terkait berita viral, melainkan juga bacaan ringan sebagai hiburan.

“Wah ternyata ada lho aplikasi yang oke banget untuk baca berita terpercaya!”

Dok. IDN Media

Ada, dong! Sejak tahun 2020 IDN App telah hadir menjawab tantangan kaum milenial dan gen z. Platform berbasis smartphone ini pun menasbihkan diri sebagai aplikasi baca berita dan hiburan terlengkap. Tidak saja terlengkap, tetapi juga terkini. Sangat cocok dengan tren yang bisa diikuti. Adanya IDN App yang memiliki menu beragam ini selalu menyajikan berita dan hiburan yang sedang tren. Selain itu, juga menyajikan berita terpercaya. Hal ini karena IDN App telah dilengkapi sistem anti hoaks. Sebuah sistem yang akan menjaga generasi milenial dan gen z dari serbuan berita tak bertanggung jawab.

Menggunakan aplikasi ini sangat menyenangkan. Salah satu faktornya adalah bisa baca berita di mana saja. Terlebih hadirnya banyak fitur yang bermanfaat. Sebut saja fitur berita, IDN Live, dan IDN Quiz.

Ngomong-ngomong tentang IDN Live, ini adalah fitur terbaru IDN App untuk live streaming. Pastikan telah memiliki akun IDN agar bisa menggunakannya. Berikut ini langkah-langkah membuat akun IDN:

  1. Buka Platform IDN Media yang akan dipakai, misalnya IDN App.

     

    IDN App
    Dok. Pribadi

     

  2. Masukkan data yang diperlukan untuk pendaftaran. Pastikan semua data diisi dengan benar dan lengkap, ya!

    IDN App
    Dok. Pribadi
  3. Klik tombol Daftar kemudian cek kotak masuk email yang digunakan untuk mendaftar;

  4. Masukkan kode OTP yang bersifat rahasia dan dikirimkan melalui email;

  5. Akun IDN siap digunakan!

Mudah sekali, bukan?

Mengenal IDN Live

Setelah punya akun, barulah bisa login ke IDN App dan menikmati fitur IDN Live. Apa, sih, IDN Live itu? Apa saja keunggulannya? Apa perbedaan audience dan streamer? Bagaimana cara menjadi streamer? Apa itu program streamer fund Rp 50 Miliar?

Simak ulasan berikut ini untuk bisa dapat informasi selengkapnya!

  1. Apa itu IDN Live?

IDN Live
Dok. IDN Media

IDN Live merupakan fitur baru dari IDN App untuk menikmati live streaming dengan berbagai topik yang variatif. Topik-topik yang disajikan oleh streamer sangat kekinian. Sebut saja topik hiburan, e-sport, dan lain-lain. IDN Live memberikan ruang interaksi langsung antara audience dengan streamer. Bisa berupa tanya jawab atau pemberian hadiah secara virtual. Ada fitur follow streamer juga, lho! Go live! Get discovered! Build communities! 

  1. Mengapa harus IDN Live?

Siapa sajakah streamer di IDN Live
Dok. IDN Media

IDN Live adalah pilihan untuk berbagai. Audience bisa memperoleh informasi terkini, sedangkan streamer bisa berbagi hal-hal baik yang sedang tren saat ini. IDN Live menjadi pilihan karena kemudahan dalam menggunakannya. Fitur ini juga memberikan banyak keuntungan bagi audience dan streamer.

  1. Apa keunggulan IDN Live?

IDN Live merupakan wadah interaksi timbal balik secara langsung. Salah satu keunggulan dari IDN Live adalah adanya streamer yang berkompeten dalam berbagi. Streamer yang ada di IDN Live adalah orang-orang pilihan yang menebarkan manfaat bagi yang lain. Streamer di IDN Live adalah ‘tokoh’ yang sudah diverifikasi oleh pihak IDN. Artinya apa? Artinya bahwa segala yang disampaikan secara langsung sudah sesuai dengan kebijakan penyedia layanan. Artinya lagi tidak ada lagi kekhawatiran menerima informasi yang menyesatkan atau berdampak buruk. Keunggulan lainnya streamer bisa mendapatkan bonus hingga Rp 50 M dari live streaming yang dilakukannya. Menarik, bukan?

Selain itu, IDN Live juga punya event khusus yang memanjakan audience. Jadi, IDN Live sampai tanggal 31 Mei sedang mengadakan Kejar Tayang Challenge berhadiah total Rp4. 500.000,00 hanya dengan menonton live streaming melalui aplikasi IDN App. Audience dengan durasi menonton paling lama secara harian, mingguan, dan bulanan yang akan menjadi pemenangnya! Keren, kan?!

 

Sumber: Instagram IDN

Untuk informasi lebih detail, simak deh e-flyer berikut ini! Pastinya ke depan akan ada event-event seru lain untuk audience dan streamer.

Sumber: Instagram IDN
  1. Apa beda Audience dan Streamer?

Menjadi audience atau streamer adalah pilihan. Kawan IDN bisa memilih salah satunya atau menjadi keduanya. Untuk bisa memilih, tentu terlebih dahulu harus memahami perbedaannya.

Cara Menjadi Streamer di IDN Live
Dok. Pribadi

Menurut IDN Times, audience adalah user yang menonton konten yang dibuat oleh kreator dan dapat memberikan apresiasi berupa Virtual Gift. Sedangkan streamer adalah user yang membuat konten live streaming yang akan ditonton oleh audience. Untuk bisa menjadi audience dan streamer tentu harus memiliki akun IDN. Sudah siap bergabung?

“Woila! Seru nih kayaknya bisa live streaming di IDN Live!”

Apa benar demikian adanya? Kita ulas satu per satu, yuk!

  1. Live streaming

Live streaming adalah aktivitas virtual yang dilakukan oleh streamer melalui siaran langsung aktivitasnya dengan topik keren tertentu yang dapat dinikmati oleh audience melalui fitur IDN Live di IDN App. Siaran ini memungkinkan adanya interaksi antara streamer dengan audience yang memiliki passion sama terkait topik kekinian yang ada. Contohnya saya suka menjadi audience bagi streamer yang sedang siaran langsung e-sport. Seru pokoknya!

  1. Menjadi audience

Syarat menjadi audience adalah telah mengunduh aplikasi IDN App. Selanjutnya membuat akun IDN. Setelah itu baru bisa bergabung sebagai audience. Audience memiliki pilihan untuk mengikuti streamer yang sesuai dengan topik kesukaannya. Caranya, yaitu masuk ke halaman IDN Live pada IDN App. Kemudian pilih salah satu Live Streaming yang sedang berlangsung sesuai minat. Secara otomatis dapat menjadi audience live streaming. Setelah bergabung, audience dapat berinteraksi dengan streamer.

  1. Cara menjadi streamer IDN Live

Syarat utama menjadi streamer adalah telah memiliki akun IDN. Cara daftarnya sangat mudah, kok. Sedangkan yang perlu disiapkan untuk pendaftaran menjadi streamer adalah nama lengkap, alamat email, akun instagram, tiktok, youtube dan Twitter beserta jumlah followers/subscribers.

Tidak lupa video perkenalan selama 3 menit. Satu menit pertama tentang perkenalan diri meliputi nama, universitas, hobi, makanan favorit, musisi favorit, film favorit, dll. Sedangkan dua menit terakhir berisi cerita tentang perjalanan liburan. Kalian bisa ceritakan tujuan perjalanan, cara ke sana, bersama siapa, momen paling berkesan, apa yang kalian dapatkan, dll.

Selanjutnya bagaimana? Simak panduan singkatnya berikut ini!

  1. Submit data diri melalui form Pendaftaran IDN Live New Streamer;
  2. Tunggu verifikasi dari pihak IDN Media;
  3. Setelah mendapat verifikasi melalui email dari IDN Media, artinya akun sudah aktif dan bisa melakukan live streaming;
  4. Jika belum disarankan untuk logout kemudian login kembali ke IDN App;
  5. Selanjutnya tinggal pilih halaman IDN Live lalu ketuk tombol + untuk memulai live streaming;
  6. Jika ada masalah bisa banget menghubungi emailsupport@idn.media

Tidak ribet, kan? Cukup dengan langkah mudah tersebut bisa langsung bergabung menjadi streamer. Tentu syarat dan ketentuan berlaku, dong. Soalnya saat ini IDN Media hanya mencari kandidat yang cocok atau memenuhi kriteria saja untuk bisa menjadi streamer. Jika sesuai, maka otomatis bisa melakukan live streaming seperti streamer-streamer yang sudah ada di IDN Live.

“Ngomong-ngomong siapa sajakah streamer di IDN Live?”

Bicara tentang streamer di IDN Live, tak lepas dari deretan influencer beken dengan topik khasnya masing-masing. Beberapa di antaranya telah memiliki program khusus di IDN Live. Ada Habib Ja’far, Gabriel Prince, Dave Stanley, Grace Tahir, dan masih banyak lagi yang lain. Program khusus yang dibawakan streamer sangat menarik. Ada program keagamaan, kuliner, kecantikan, traveling, horor, dan banyak program seru lainnya.

Sayangnya di IDN Live belum ada streamer yang membawakan program khusus pendidikan dan menulis. Semoga ke depannya ada streamer khusus program pendidikan dan menulis, sehingga bisa memenuhi kebutuhan kaum milenial dan gen z terkait materi pendidikan dan menulis. Selain itu, juga bisa menjadi kesempatan bagi generasi milenial dan gen z yang bergerak dalam bidang pendidikan dan menulis, yaitu guru dan penulis seperti saya untuk juga bisa berinteraksi secara live. Tentu hal ini akan membuat IDN Live semakin berwarna ke depannya. Bahkan bukan tidak mungkin, ke depan IDN Live akan bisa dimanfaatkan sebagai alternatif media pembelajaran secara daring. Terbayang betapa serunya berinteraksi dengan murid secara langsung lewat IDN Live. Boleh, kan, ya bermimpi yang baik-baik untuk IDN Live? He he.

Namun, untuk saat ini streamer  program khusus yang ada sudah sangat keren. Simak video berikut ini untuk mengetahui lebih banyak streamer keren di IDN Live.

Yakin, deh, mereka pasti akan bisa bikin kalian betah mantengin live streaming-nya. Kenapa? Karena ada streamer dengan program khusus yang mengangkat topik kekininian. Banyak juga streamer lain yang tidak kalah keren dan bekennya. Sssttt! Jangan lupa, kalian bisa menjadi streamer di IDN Live seperti mereka juga dan ikut Program Streamer Fund Rp 50 M, lho!

Program Streamer Fund Rp 50 M

“Program Streamer Fund Rp 50 M? Apa lagi itu?”

Sabar. Simak ulasannya berikut ini agar tidak gagal paham, ya.

IDN Live Streamer Fund
Dok. IDN Media

Jadi, IDN Live Streamer Fund ini merupakan program pemberian reward dari IDN Media bagi streamer yang telah mendedikasikan diri dalam membuat konten kreatif dan otentik. Tujuannya adalah setiap streamer memiliki kesempatan memperoleh tambahan pendapatan dari hal yang disukainya. Pendapatan masing-masing streamer ini dihitung berdasarkan jumlah jam siaran, jumlah viewers selama siaran, tingkat engagement berdasarkan chat dan virtual gift, dan beberapa faktor lainnya.

“Wuih! Asyik, dong! Siaran langsung sesuai minat, eh, dapet cuan!”

Pastinya. Namun, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi, lho, ya. Simak syaratnya berikut ini, yuk!

  1. Tinggal di wilayah Indonesia dan berusia 18 tahun ke atas;

  2. Memiliki followers minimal 100 di IDN App;

  3. Konsisten melakukan live streaming setiap hari di IDN Live;

  4. Topik live streaming mempromosikan hal-hal positif;

  5. Memiliki konten kreatif, unik, dan orisinal; dan

  6. Menyetujui syarat dan ketentuan yang ditetapkan oleh IDN Live’s Community Guidelines. 

Keuntungan lain dari program ini adalah:

1. Media Coverage and Exposure

Keunggulan IDN Live
Dok. Pribadi

Streamer akan memperoleh keuntungan mendapatkan liputan media, strategi promosi, dan kesempatan memeroleh iklan berbayar melalui grup IDN Media. Keren, kan?

2. Akses ke Studio IDN Media

Dok. Pribadi

Streamer memperoleh kesempatan memanfaatkan studio profesional IDN Media di Jakarta dan Surabaya. Asyik, kan? 

3. Pelatihan dan mentorship

Dok. Pribadi

Streamer mendapat kesempatan dan pengalaman mengikuti pelatihan dan mentorship yang diselenggarakan bagi awak IDN Media. Mantap kali, ya! 

4. Brand Sponsorship

Dok. Pribadi

Streamer akan mendapat kesempatan memperoleh brand sponsorship yang difasilitasi oleh ICE. Menarik, bukan?

Nah! Agar bisa memenuhi syarat menjadi streamer dan memperoleh keuntungan tambahan dari live streaming di IDN Live, simak tips berikut ini!

  1. Agar bisa mencapai jumlah minimal followers di IDN App, share akun IDN App di berbagai media sosial. Ajak teman-teman maya untuk follow. Ajak juga keluarga, kerabat, teman, dan sahabat untuk follow dan share akun IDN App kalian. Dengan rutin berbagi profil, kemungkinan followers akan semakin bertambah. Terlebih jika diikuti dengan pembuatan konten berita sesuai passion di IDN App;

  2. Agar bisa konsisten melakukan live streaming setiap hari di IDN Live, buatlah agenda. Catat topik per hari yang akan diangkat saat live streaming. Sertakan satu hari khusus dalam seminggu untuk melakukan siaran langsung dengan topik khusus, misalnya giveaway atau kuis seru-seruan. Hal ini akan membuat live streaming ditunggu-tunggu oleh audience;

  3. Agar bisa menyebarkan semangat positif, tentu pilihlah konten yang disukai dan dikuasai untuk dibagi. Ini penting agar konten kita tetap terjaga. Konten yang banyak dicari adalah unik dan kekinian. Tentu dengan cara membawakan yang menyenangkan dan interaktif. Audience pasti akan lebih betah mengikuti live streaming.

Tips-tips di atas bisa diterapkan oleh streamer terutama pemula seperti saya. Dalam artian masih tahap baru dalam dunia live. Tips ini juga saya pakai agar bisa lolos pendaftaran sebagai streamer di IDN Live. Beda halnya dengan streamer yang sudah expert dan banyak followers. Rasanya tidak akan mengalami banyak kendala saat melakukan live streaming.

Bagaimana? Sudah cukup jelas, bukan? Atau masih penasaran dengan program ini? Selengkapnya tentang program ini, bisa baca di sini!

Istilah di IDN Live

“Waduh! Pusing juga, ya, banyak banget istilah di IDN Live ini!”

Dok. Pribadi

Tenang. Berikut ini daftar istilah yang harus diketahui. Dengan membaca dan memahami, pasti tidak akan bingung lagi.

  1. Virtual Gift. Bentuk apresiasi audience kepada streamer yang bisa diberikan ke room saat live streaming berlangsung.

  2. Gold. Mata uang digital yang bisa digunakan audience untuk membeli virtual gift. 

  3. Poin. Hadiah yang diberikan kepada streamer untuk konten live streaming yang telah dibuatnya. Poin ini terkonversi dari virtual gift yang diterima dari audience.

  4. Redeem. Penukaran poin oleh streamer ke mata uang rupiah.

Nah! Bagaimana? Sudah semakin paham tentang IDN Live, kan? Biar lebih paham lagi, baca Panduan Fitur Live IDN App di sini. Tertarik untuk bergabung menjadi streamer? Daftarkan diri kalian di sini! Setelah disetujui, selamat melakukan live streaming dan menikmati keuntungannya.

Mau eksis live streaming setiap hari dengan topik sesuai pilihan hati dan keuntungan berlipat-lipat nanti? Gabung di IDN Live sekarang juga! Jadilah the next streamer di IDN Live!

Siap menjadi seorang streamer?

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.