Jurnal Refleksi Mingguan – Minggu 3 (Model DEAL)

Description

Pada bagian ini, CGP belajar tentang Nilai dan Peran Guru Penggerak melalui LMS Modul 1.2. Dalam materi ini, CGP terlebih dahulu mengenal diri-sendiri melalui trapesium usia. Lewat trapesium usia, CGP mengingat kembali peristiwa masa lalu yang bisa diambil pelajarannya untuk pembelajaran yang dilakukannya saat ini. Selain itu, CGP juga dikenalkan nilai dan peran guru penggerak melalui pemberian materi, diskusi mandiri, kolaborasi, elaborasi, dan demonstrasi. Pada masing-masing tahapan belajar, CGP diberi kesempatan mengembangkan kompetensi melalui unggah tugas.

Examination

Pengalaman belajar yang diperoleh meningkatkan pemahaman CGP terkait nilai dan peran guru penggerak. CGP bisa memahami nilai dan peran yang telah dimiliki dan akan dimiliki ke depannya. Pengalaman belajar ini selanjutnya akan membantu CGP dalam mencapai tujuan yang telah ditentukan. Beberapa pengalaman belajar terutama diskusi menambah kemampuan CGP dalam menerapkan nilai dan peran guru penggerak. Dengan demikian pengalaman belajar tersebut akan menjadi kunci mencapai tujuan.

Articulation of Learning

Banyak hal dipelajari CGP dalam modul ini. Nilai dan peran guru penggerak merupakan materi yang juga harus dikuasai. Melalui kolaborasi dan elaborasi akan memperkuat pemahaman terkait materi. Ke depannya, CGP perlu menguatkan kembali kolaborasi sesama CGP dalam memudahkan implementasi nilai dan peran guru penggerak. Selain itu, ke depannya CGP perlu menyusun strategi perbaikan berupa kolaborasi dengan sejawat di sekolah.

Leave a Reply

Your email address will not be published.