Karakter Cinta Tanah Air Bisa Ditanamkan Lewat Darik

Nilai karakter cinta tanah air merupakan salah satu dari 18 nilai dalam karakter pendidikan. Selanjutnya karakter ini mengandung makna cara berpikir yang menunjukkan kesetiaan yang tinggi terhadap bahasa. Selain itu juga cara bersikap dan berbuat yang menunjukkan kepedulian yang tinggi pada lingkungan fisik, sosial, budaya, dan ekonomi. Pada akhirnya akan menumbuhkan penghargaan yang tinggi terhadap bangsa.

Menumbuhkan karakter cinta tanah air merupakan kewajiban. Hal ini karena Indonesia lahir dari karakter ini. Jika bukan karena adanya cinta air, bisa jadi tidak akan ada Indonesia. Sejarah panjang perjuangan bangsa merupakan peristiwa penuh pembelajaran. Butuh ratusan tahun agar bangsa bisa berdiri di atas kaki sendiri. Semua berkat rasa cinta tanah air.

Rasa cinta tanah air yang tinggi akan mampu menjadikan anak sosok yang senantiasa mengedepankan kepentingan keselamatan bangsa. Oleh karena itu, wajib rasanya memperkenalkan karakter ini kepada anak. Terutama anak usia dini dan tingkat pendidikan dasar. Agar pada akhirnya tumbuh generasi yang bersedia berjuang mempertahankan keutuhan dan kedaulatan negara ya.

Penguatan karakter cinta tanah air dapat merangsang anak memiliki hati nurani yang rela berkorban. Salah satu contohnya adalah siap mengharumkan nama baik bangsa. Nilai positif ini membutuhkan dukungan agar terus berkembang. Selain itu, cinta tanah air yang terpupuk sejak dini akan mampu meningkatkan nilai kebanggaan sebagai bangsa Indonesia.

Nilai Karakter Cinta Tanah Air pada Anak

Tanah dan air merupakan dua elemen penting bagi kehidupan. Tanah sebagai tempat hidup sekaligus asal kehidupan. Sedangkan air merupakan sumber utama kehidupan manusia di bumi. Jika keduanya disatukan akan menjadi tanah air yang bermakna tempat tinggal, yaitu negara Indonesia. Pemahaman dasar ini penting bagi anak. Lebih lanjut anak akan menyadari bahwa Indonesia adalah tempat baginya berawal dan berakhir.

Selanjutnya cinta tanah air merupakan ungkapan kecintaan terhadap negeri. Sebuah rasa yang tidak lepas dari rela berkorban. Selain itu juga rasa ini akan menumbuhkan keinginan merawat dan mempertahankan. Dari pemaparan singkat tersebut semua merujuk pada harapan anak akan mempunyai rasa memiliki dan mempertahankan apa yang dimilikinya.

Lebih lanjut, nilai karakter cinta tanah air ini membutuhkan perawatan yang baik. Hal ini karena salah satu indikator karakter cinta tanah air pada anak adalah menyadari tugasnya sebagai warga negara. Kesadaran inilah yang akan menjadi pintu masuk bagi terbangunnya kesadaran diri sebagai warga negara yang memiliki kecintaan pada tanah airnya. Oleh karena itu, orang tua atau guru selaku pendidik dapat merawatnya melalui berbagai kegiatan. Kegiatan-kegiatan yang dipilih tentu menyesuaikan usia dan tingkat pendidikan anak.

Pada anak usia dini, mengajaknya melakukan hal-hal sederhana bisa menjadi alternatif. Misalnya, dengan mengenalkannya pada berbagai kekayaan budaya yang dimiliki Indonesia. Jika aktivitas ini terlalu berat, bisa mencobanya melalui sebuah cerita. Cerita tersebut tentunya harus memiliki muatan rasa cinta tanah air.

Media lain yang merupakan alternatif pengembangan nilai cinta tanah air adalah puisi darik. Puisi genre baru ini banyak memberikan kemudahan dalam mengeksplorasi tema cinta tanah air. Melalui permainan kata dapat mendorong anak untuk menemukan makna terkait tema puisi.

Contoh-contoh darik berikut ini bisa menjadi inspirasi untuk mengenalkan nilai karakter cinta tanah air pada anak.

Contoh Darik Nilai Karakter Cinta Tanah Air

Nilai Karakter Cinta Tanah Air

Indonesiaku

Indonesiaku

Membentang luas
Sabang Merauke

Beragam suku mendiami
Banyak budaya dimiliki
Satu cinta menyertai

Pada tanah adalah kekayaan
Pada air ialah keberkahan
Menyatu dalam relung sanubari
Menjelma tekad untuk mengabdi

Sebab bangsaku sungguhlah besar
Sebesar hasrat tak lekang
Menjaganya dari setiap gempuran
Demi keutuhan dan kemenangan

Indonesiaku sungguh luas
Seluas harapan membesarkan
Nama harum kemerdekaan

Negeriku cintaku
Tetaplah jaya

Semesta

Contoh Darik Lainnya

Nilai Karakter Semangat Kebangsaan

Gelora Cinta

Di dadaku ada gelora
Menjelma cinta hingga seutuhnya
Tertanam kuat hingga dasarnya
Pada negeri kaya raya

Melimpah ruah semesta
Mengabarkan pada dunia
Merawatnya bukanlah pura-pura

Keteguhan seutuhnya
Keutuhan selamanya

Jayalah

Majulah

Sepenuh cinta
Seluruh raga

Berupaya sekuat daya
Berkaca pada sejarahnya
Demi kelangsungan bangsa

Bersandar pada satu cinta
Tanah air dan bangsa
Bertekad atas nama cinta
Demi negaraku tercinta Indonesia

Dari kedua contoh tersebut di atas, orang tua atau guru selaku pendamping dapat meminta anak untuk menemukan tema darik. Dari jawaban anak, selanjutnya orang tua atau guru berusaha menjelaskan lebih detail tentang cinta tanah air. Lebih lanjut, orang tua atau guru dapat memberikan penguatan tentang arti penting cinta tanah air dalam kehidupan. Selain itu, orang tua atau guru juga bisa menambahkan imbauan bahwa anak harus memupuk rasa cinta tanah air.

Kesimpulannya adalah bahwa menanamkan nilai karakter cinta tanah air pada anak membutuhkan kreativitas dalam menentukan media. Selain itu juga membutuhkan kepekaan dalam memilih cara mengajar.

Semoga menginspirasi.

Baca Juga: Puisi Darik: Genre Baru Puisi yang Menarik

Salam Bloger Pembelajar

Sudomo
www.eigendomo.com

  • Nilai Karakter rasa ingin tahu
  • Nilai Karakter rasa ingin tahu

Leave a Reply

Your email address will not be published.