Komitmen Guru Penggerak Kabupaten Lombok Barat

Komitmen Guru Penggerak Kabupaten Lombok Barat ditandatangani setelah selesai proses pemilihan Ketua Komunitas Guru Penggerak. Pada saat lokakarya 9 yang merupakan lokakarya terakhir program Pendidikan Guru Penggerak, setiap Calon Guru Penggerak membubuhkan tanda tangan sebagai dasar menjamin keberlanjutan program di sekolah masing-masing. Selain itu, penandatanganan ini menandai awal berperannya Guru Penggerak sebagai katalis pendidikan. Berdasarkan hal tersebut, Guru Penggerak tetap tergerak untuk bergerak dan menggerakkan setelah selesai mengikuti pendidikan selama 9 bulan.

Komitmen Guru Penggerak

Komitmen bersama tersebut harus dipegang teguh oleh setiap Guru Penggerak sebagai pijakan dalam melakukan kiprah sebagai guru penggerak nantinya. Guna lebih membumikan nilai-nilai yang ada selanjutnya komitmen tersebut digunakan sebagai dasar bagi Komunitas Guru Penggerak yang terbentuk sebagai misi yang akan diwujudkan. Misi tersebut selanjutnya ke depannya akan diterjemahkan sebagai program kerja komunitas. Dengan berdasarkan hal tersebut akan membuat komunitas memiliki arah perubahan ke depannya yang lebih jelas.

Komitmen Guru Penggerak Kabupaten Lombok Barat

Kami Guru Penggerak siap menjadi katalis perubahan pendidikan di Kabupaten Lombok Barat, dengan cara:

  1. Menggerakkan komunitas belajar untuk rekan guru di sekolah dan di wilayahnya;
  2. Menjadi Pengajar Praktik bagi rekan guru lain terkait pengembangan pembelajaran di sekolah;
  3. Mendorong peningkatan kepemimpinan murid di sekolah;
  4. Membuka ruang diskusi positif dan ruang kolaborasi antar guru dan pemangku kepentingan di dalam dan luar sekolah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran;
  5. Menjadi pemimpin pembelajaran yang mendorong well-being ekosistem pendidikan di sekolah.

Komitmen tersebut di atas tidak akan bisa terpenuhi tanpa adanya niat dan tekad kuat menjamin keberlangsungan program di sekolah. Oleh karena itu, membutuhkan kolaborasi dengan komunitas praktisi di sekolah. Selain itu, juga dengan komunitas di luar sekolah. Komunitas Guru Penggerak adalah salah satunya. Semoga melalui kolaborasi yang kuat dalam komunitas dan sinergi dengan pihak lain, komitmen ini akan menjadi jaminan keberlanjutan program di sekolah. Sehingga pada akhirnya akan terwujud Profil Pelajar Pancasila melalui Merdeka Belajar di kabupaten Lombok Barat.

Guru Penggerak, Merdeka Belajar
Guru Bergerak, Indonesia Maju

Leave a Reply

Your email address will not be published.