Komunitas Guru Penggerak Bersinergi dengan RRI

Saat mendengar kata RRI, apa yang ada di benak kita? Pasti banyak sekali yang terlintas di kepala. Bisa saja itu tentang berita dan informasi. Bahkan ada juga yang berpikir perihal ketinggalan zaman. Apakah benar demikian? Sah-sah saja memang jika berprasangka demikian meskipun kenyataannya bertolak belakang. Tidak percaya?

Kenyataannya adalah, bahwa RRI saat ini masif mengikuti perkembangan zaman. Selain program-program yang dibuat bersifat kekinian, juga media pendukungnya. Saat ini selain produksi siaran melalui audio, RRI telah mengembangkan menjadi video live streaming di YouTube. Namun, bagaimanapun juga media ini sifatnya bukan utama dalam menjangkau masyarakat. Media utama tetaplah siaran audio. Produksi siaran terus berlangsung menyajikan banyak informasi menarik dan terkini. Salah satunya adalah pendidikan.

Peluang inilah yang menarik perhatian Komunitas Guru Penggerak Kabupaten Lombok Barat (KGP Lobar) untuk menindaklanjutinya. Melalui pendekatan sebelumnya oleh Bidang Kemitraan, hari ini (5/1) KGP Lobar melakukan silaturahmi dengan RRI. KGP Lobar yang diwakili Ketua dan Anggota Bidang Kemitraan berdiskusi panjang dengan Kasi Penyiaran RRI terkait kemungkinan kerjasama. Dalam diskusi tersebut KGP Lobar memperoleh gambaran lengkap terkait sinergitas program dengan RRI.

Sinergitas terjalin dalam program acara RRI. Sebelumnya pihak RRI menawarkan dua opsi. Opsi pertama, yaitu KGP Lobar bisa mengisi kelas tatap muka di kelas masing-masing. Melalui format ini selanjutnya akan terhubung dengan RRI Pro 2 FM melalui zoom meeting. Format ini memungkinkan guru bisa langsung berbagi praktik mengajar kepada khalayak melalui saluran YouTube RRI. Namun, pihak KGP Lobar masih membutuhkan waktu mendiskusikannya di tingkat internal komunitas.

Opsi kedua, yaitu melalui program dialog interaktif di RRI Pro 4. Opsi ini pun dipilih oleh KGP Lobar sebagai langkah awal. Format ini dirasa paling sesuai dengan kondisi komunitas yang masih dalam tahap merintis. Melalui program ini komunitas bisa berbagi dan melakukan sosialisasi terkait banyak hal terutama menyangkut merdeka belajar. Terlebih saat ini isu merdeka belajar sedang hangat menjadi perbincangan. Tentu akan menjadi sebuah dialog yang hidup, menarik, dan penuh warna.

Selain kedua opsi tersebut, diskusi selama satu jam itu menghasilkan beberapa poin penting. Beberapa di antaranya, yaitu:

Hasil pertemuan dengan Kasi Penyiaran RRI:

  1. RRI memfasilitasi dialog interaktif dengan menyiapkan slot satu hari dalam seminggu untuk KGP Lobar sebagai narasumber;
  2. Hari pelaksanaan dialog akan disesuaikan ketersediaan waktu kosong RRI. Diupayakan pada hari kerja Senin – Jumat pukul 09.00 Wita selama 1 jam. Tujuan pelaksanaan pada hari kerja agar bisa langsung live di kanal YouTube RRI;
  3. Narasumber dalam dialog interaktif bisa 2 sampai 3 orang dari KGP atau dinas/instansi terkait dengan pendidikan;
  4. Dialog dapat dilaksanakan secara langsung di studio RRI, zoom meeting atau by phone tergantung situasi dan kondisi;
  5. Materi dialog menyesuaikan dengan program yang akan dijalankan oleh komunitas terutama terkait isu terkini pendidikan, kebijakan pemerintah daerah, proses pembelajaran, praktik baik pembelajaran di sekolah, dan lain-lain;
  6. Komunitas diminta segera menyusun dan mengusulkan nama nara sumber beserta materi yang akan disampaikan untuk jangka waktu satu tahun (sekitar 52 kali dialog);
  7. RRI juga memfasilitasi komunitas untuk menyelenggarakan proses pembelajaran tatap muka guru penggerak di kelas melalui zoom meeting untuk disiarkan secara live di kanal YouTube RRI.

Ke depannya hasil tersebut akan ditindaklanjuti oleh KGP Lobar dengan menyusun daftar nama narasumber dan materi yang akan disampaikan. Selanjutnya daftar tersebut akan diserahkan kepada pihak RRI untuk ditindaklanjuti dalam bentuk dialog interaktif. Demikian, semoga silaturahmi hari ini memberikan dampak positif bagi guru. Pada akhirnya akan memberikan gambaran yang lebih holistik terhadap pemahaman merdeka belajar bagi guru dan murid di sekolah.

Guru Penggerak, Merdeka Belajar
Guru Bergerak, Indonesia Maju
Komunitas Guru Penggerak Lombok Barat
Belajar dan Berbagi untuk Negeri

Leave a Reply

Your email address will not be published.