LMS Guru Penggerak Modul 1.2.a.10 – Aksi Nyata

RENCANA AKSI NYATA NILAI DAN PERAN GURU PENGGERAK

Judul

Pelatihan Membuat Blog Bagi Guru SMP Negeri 3 Lingsar

Latar Belakang

Menulis merupakan keterampilan berbahasa tingkat tertinggi. Keterampilan lainnya adalah mendengar, berbicara, dan membaca. Seorang guru selayaknya memiliki keterampilan-keterampilan tersebut. Semua keterampilan tersebut membutuhkan latihan agar terus bisa berkembang sesuai perubahan. Terutama adalah keterampilan menulis. Oleh karena itu, sebagai seorang guru pembelajar, menulis sudah menjadi syarat wajib.

Kebiasaan menulis bagi seorang guru masih merupakan barang yang mahal. Di satu sekolah hanya beberapa saja yang benar-benar menekuni dunia tulis-menulis. Jika guru saja tidak suka menulis, bagaimana akan mengembangkan budaya menulis di kalangan murid? Tentu akan sangat kesulitan, bukan? Menuntut murid tanpa mengimbangi diri dengan kemauan meningkatkan keterampilan diri adalah egois yang sesungguhnya.

Sebagai seorang guru tentu tidak boleh egois. Guru harus membuang ego pribadi jauh-jauh. Terus belajar adalah kunci tetap bisa mengolah ego menjadi potensi. Tidak terkecuali terkait dengan keterampilan menulis. Jika ingin murid-muridnya suka menulis, tentu guru haruslah menjadi garda terdepan.

Upaya meningkatkan keterampilan menulis salah satunya adalah melalui menulis di blog. Kenapa demikian? Selain sebagai upaya mengikuti perkembangan dan perubahan zaman menuju digital 4.0., juga sekaligus sebagai bentuk pengembangan diri. Aktivitas menulis di blog akan menjadikan seseorang menjadi guru yang benar-benar ikhlas, berbagi tanpa mengharap kembali.

Menulis di blog akan memancing kreativitas guru dalam menciptakan pembelajaran yang lebih bermakna. Pemanfaatan blog sebagai media edukasi akan semakin berkembang. Oleh karena itu, guru harus mulai bisa mengikutinya.

Peran guru penggerak dalam hal ini sangat vital. Seorang guru penggerak harus mampu mengerakkan komunitas praktisi di sekitarnya. Menjadi pelatih bagi guru lain pada bidang yang disukai dan dikuasai adalah awal mudah dalam berbagi dalam komunitas praktisi.

Tujuan

  1. Meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru SMP Negeri 3 Lingsar tentang pemanfaatan blog dalam proses pembelajaran;
  2. Meningkatkan kompetensi dan profesi guru SMP Negeri 3 Lingsar dalam bidang menulis;
  3. Menumbuhkan budaya menulis bagi guru SMP Negeri 3 Lingsar.
Kolaborasi dengan Sejawat

Tolok Ukur

Tolok ukur dari aksi nyata ini meliputi beberapa hal sebagai berikut:

  1. Terciptanya proses berbagi yang informatif, partisipatif, dan juga kolaboratif;
  2. Terciptanya kolaborasi dengan rekan sejawat sebelum, selama, dan setelah proses pelatihan berlangsung;
  3. Tumbuhnya kreativitas guru dalam memanfaatkan blog pribadi agar bisa mendukung proses pembelajaran;
  4. Guru memiliki blog pribadi agar bisa berbagi banyak hal terkait profesi.

Linimasa Tindakan

Diseminasi kepada Pihak Sekolah

  • Sabtu, 8 Mei 2021

Kolaborasi dengan Sejawat

  • Sabtu, 8 Mei 2021

Pelaksanaan Pelatihan

  • Senin, 10 Mei 2021

Format Pelaksanaan

  • Diseminasi kepada Pihak Sekolah. Hal ini bertujuan untuk memberikan gambaran dukungan dari pihak sekolah. Selain itu juga untuk memperoleh bentuk dukungan dalam pelaksanaan.
  • Kolaborasi dengan Sejawat. Kegiatan ini untuk membentuk tim pelaksana. Dalam hal ini adalah pendamping dari guru yang telah memiliki blog dan bagian dokumentasi.
  • Pelaksanaan Pelatihan. Pelaksanaan pelatihan akan menjadi beberapa bagian. Pertama, sambutan kepala sekolah. Kedua, pemaparan materi tentang blog. Ketiga, praktik dan diskusi terbimbing. Keempat, pengumpulan hasil pelatihan. Kelima, penyusunan rencana tindak lanjut.

Rencana Tindak Lanjut

  1. Pada tahap pertama setelah pelatihan ini, sebulan sekali pada hari tertentu yang disepakati akan menyelenggarakan kelas menulis di grup WA sekolah;
  2. Menyusun jadwal berbagi postingan di blog pada hari tertentu di grup WA sekolah untuk saling memberikan komentar pada postingan agar meningkat budaya membaca;
  3. Berkolaborasi dengan peserta agar jangkauan sasaran lebih luas kepada murid.
  4. Hal-hal lain sesuai masukan peserta pelatihan terkait materi agar terbentuk kesepakatan bersama.

Dukungan yang Dibutuhkan

Guna menjamin kelancaran pelaksanaan kegiatan pelatihan ini, membutuhkan dukungan dari banyak pihak terlibat.

  • Pihak Sekolah. Dukungan dari pihak sekolah selain kebijakan terkait penyelenggaraan pelatihan juga penyediaan sarana dan prasarana yang dibutuhkan sebelum, selama, dan setelah pelatihan;
  • Rekan Sejawat. Dukungan dari rekan sejawat selain berupa keaktifan dalam mengikuti pelatihan juga komitmen mengembangkan hasil pelatihan kepada murid. Selain itu, berupa dukungan lain terkait kemungkinan kolaborasi dalam penerbitan buku antologi.

Penutup

Demikian rencana aksi nyata nilai dan peran guru penggerak yang akan dilakukan dalam waktu dekat ini. Besar harapan kiranya kegiatan dapat terlaksana dengan baik tanpa kendala yang berarti. Semoga menginspirasi.

Menulis di blog adalah cara guru meningkatkan kompetensi sesuai perkembangan zaman saat ini

Salam Bloger Pembelajar

Sudomo
www.eigendomo.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.