LMS Modul 1.3.a.6. Refleksi Terbimbing

Pada modul ini, Calon Guru Penggerak (CGP) diharapkan dapat dapat merefleksikan proses pembelajaran yang telah dilalui. Selain itu, juga dapat mengambil pembelajaran dari proses kolaborasi dan hasil pekerjaannya sendiri. Guna mencapai hal tersebut, CGP harus mengisi jurnal refleksi dengan model 4P, yaitu peristiwa, perasaan, pembelajaran, dan perubahan.

Berikut ini adalah refleksi dari apa yang telah dipelajari oleh CGP dalam modul 1.3. Visi Guru Penggerak.

Peristiwa

Peristiwa yang terjadi adalah diskusi dua arah yang hangat. Masing-masing kelompok berinteraksi dalam bentuk kolaborasi yang menguatkan terkait materi pemetaan kekuatan.

Perasaan

Saya bahagia saat proses pembelajaran. Hal ini karena banyak ilmu baru saya dapatkan selama mengikuti proses pembelajaran, baik dari bacaan, video maupun diskusi dengan sesama peserta.

Pembelajaran

Pembelajaran utama yang diperoleh adalah semakin terbukanya pikiran diri untuk mengelola kekuatan yang ada sebagai senjata melakukan perubahan. Selain itu, pemetaan kekuatan juga memberikan pembelajaran tentang langkah konkret yang akan ditempuh dengan memanfaatkan dan mengembangkan kekuatan yang ada.

Perubahan

Lebih lanjut saya perlu mempelajari tentang pemanfaatan kekuatan yang ada menjadi visi serta penerapan upaya perubahan positif dengan metode BAGJA dalam sebuah aksi nyata.

Strategi untuk melakukan perubahan, yaitu:

  1. Meningkatkan keyakinan diri untuk bisa melakukan perubahan positif;
  2. Meningkatkan kolaborasi dengan sejawat untuk bergerak bersama melakukan perubahan positif;
  3. Menerima umpan balik dari proses perubahan awal yang sedang dilakukan;
  4. Mengembangkan kompetensi diri terutama terkait kompetensi guru penggerak yang belum dikuasai;
  5. Meningkatkan proses pembelajaran berpihak pada murid; dan
  6. Menerapkan sistem multilevel marketing untuk bersama-sama melakukan perubahan di sekolah sekaligus sebagai upaya menguatkan kolaborasi antarwarga sekolah, komunitas, dan masyarakat (orang tua).

Semoga bermanfaat!

Guru Bergerak, Indonesia Maju

Leave a Reply

Your email address will not be published.