Optimis Bergerak Bersama Komunitas Guru Penggerak

Belum genap sebulan Komunitas Guru Penggerak Kabupaten Lombok Barat (KGP Lobar) didirikan. Bahkan kepengurusan pun belum juga disahkan. Namun, itu bukan halangan bagi komunitas ini untuk menunda-nunda pergerakan. Setelah sebelumnya membangun sinergi dengan RRI, hari ini (6/1) KGP Lobar berkolaborasi dengan Radio Suara Giri Menang (SGM).

Kolaborasi terjalin dalam bentuk dialog interaktif tentang nilai dan peran guru penggerak di Lombok Barat. Pada dialog interaktif yang dipandu penyiar radio bersangkutan tersebut menghadirkan tiga orang narasumber. Tiga orang tersebut adalah Ketua dan Wakil Ketua KGP Lobar serta Koordinator Pengajar Praktik Pendidikan Guru Penggerak. Masing-masing narasumber menyampaikan pandangan terkait nilai dan peran guru penggerak dalam peningkatan mutu pembelajaran di sekolah.

Dalam dialog terungkap banyak hal terkait apa itu guru penggerak, bagaimana proses seleksi guru penggerak, keterlibatan warga sekolah termasuk orang tua dalam memajukan mutu pembelajaran di sekolah, upaya sekolah mengatasi murid bermasalah, dan masih banyak lagi lainnya. Termasuk di dalamnya menyangkut kiprah guru penggerak dalam meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah.

Dalam dialog tersebut juga terungkap dari seorang penanya tentang adanya anggapan berbeda antara guru ‘biasa’ dengan guru penggerak. Menurut penanya, seolah-olah guru biasa tidak pernah melakukan perubahan apa-apa di sekolah. Menurut narasumber hal tersebut keliru. Bagaimanapun juga setiap guru adalah seorang penggerak. Setidaknya bagi diri sendiri dulu. Sehingga semua guru pun sudah seharusnya juga terus melakukan perubahan. Selama ini perubahan tidak saja dilakukan guru penggerak. Namun, juga guru lainnya. Tanpa disadari sebenarnya guru-guru itu telah menerapkan nilai dan perannya sebagai seorang penggerak. Jika mengikuti Pendidikan Guru Penggerak, maka perubahan yang dilakukan akan bisa lebih optimal.

Pada akhir dialog narasumber menyampaikan harapan terhadap guru semua jenjang di Lombok Barat untuk bisa mengikuti seleksi guru penggerak angkatan 6. Hal ini merupakan kesempatan bagi guru di Lombok Barat yang menjadi salah satu wilayah sasaran untuk bersama-sama mewujudkan pembelajaran berpusat pada murid.

Pembelajaran dari kegiatan hari ini adalah, bahwa untuk bisa terus bergerak terlebih dahulu harus optimis untuk bisa tergerak melakukan kolaborasi dengan banyak pihak.

Simak selengkapnya dialog interaktif bersama Radio Suara Giri Menang FM di sini.

Guru Penggerak, Merdeka Belajar
Guru Bergerak, Indonesia Maju
Komunitas Guru Penggerak Lombok Barat
Belajar dan Berbagi untuk Negeri

Leave a Reply

Your email address will not be published.