0 9 min

Latar Belakang

Pembekalan Calon Pengajar Praktik merupakan rangkaian Pendidikan Guru Penggerak (PGP). PGP merupakan salah satu program prioritas Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Republik Indonesia melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan sebagai implementasi kebijakan Merdeka Belajar. Program ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi kepemimpinan dan pedagogi guru sehingga dapat mengimplementasikan pembelajaran yang memerdekakan dan menggerakkan komunitas belajar dan berbagi bagi guru di sekolah dan luar sekolahnya.

Dalam pelaksanaan PGP diperlukan sumber daya manusia yang berperan sebagai instruktur, fasilitator, dan Pengajar Praktik. Instruktur PGP mempunyai tugas memberikan materi secara daring dalam alur belajar Elaborasi Pemahaman. Fasilitator PGP mempunyai tugas memberikan fasilitasi, melakukan refleksi, mencatat serta menganalisis perkembangan peserta secara daring melalui Learning Management System (LMS). Pengajar Praktik bertugas mendampingi peserta dalam proses refleksi dan menyusun rencana tindak lanjut yang dilakukan melalui pendampingan individu dan lokakarya selama 6 bulan. Calon Pengajar Praktik (CPP) yang telah lulus seleksi tahap 2 wajib mengikuti pembekalan yang merupakan tahapan seleksi terakhir, sebelum calon pengajar praktik melaksanakan tugasnya.

Peserta Pembekalan Calon Pengajar Praktik

Sebanyak 555 orang yang lulus seleksi tahap 2 mengikuti Pembekalan Calon Pengajar Praktik Angkatan 6 Gelombang 2. Peserta berasal dari seluruh wilayah Indonesia yang menjadi sasaran program. Di antaranya yaitu dari Provinsi Banten, Bengkulu, DIY, Sumatera Utara, Jambi, Jawa Tengah, Lampung, Maluku, Maluku Utara, Bali, Gorontalo, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Papua, Sulawesi Selatan, dan Sulawesi Tengah.

Waktu dan Tempat Pelaksanaan

Pembekalan CPP dilaksanakan selama 15 hari dari tanggal 23 Juni sampai dengan 11 Juli 2022. Pembekalan dilaksanakan secara daring setara dengan 120 Jam Pelajaran.

Materi/Topik Pembekalan Calon Pengajar Praktik

Sesuai jadwal pelaksanaan, materi/topik yang dipelajari oleh CPP selama pembekalan meliputi:

  1. Modul 1 Paradigma dan Visi Guru Penggerak;
  2. Modul 2 Praktik Pembelajaran yang Berpihak pada Murid;
  3. Modul 3 Pemimpin Pembelajaran dalam Pengembangan Sekolah;
  4. Buku Pegangan Pendampingan Individu Calon Guru Penggerak (CGP);
  5. Buku Pegangan Lokakarya CGP;
  6. Penetapan Tujuan, Refleksi, dan Umpan Balik Pembelajaran;
  7. Pendidikan yang Memerdekakan;
  8. Kepemimpinan Menuju Transformasi Pendidikan;
  9. Teknik Fasilitasi dan Pendampingan;
  10. Coaching;
  11. Penilaian CGP;
  12. Simulasi Pendampingan oleh Pengajar Praktik;
  13. Simulasi Penilaian oleh Pengajar Praktik; dan
  14. Sistem Koordinasi Pengajar Praktik.

Deskripsi Pelaksanaan

Guna ketercapaian tujuan masing-masing materi/topik, pembekalan dilaksanakan sesuai jadwal yang telah ditetapkan. Berdasarkan jadwal, pembekalan dilaksanakan menggunakan alur belajar MERDEKA, yaitu Mulai dari Diri, Eksplorasi Konsep, Ruang Kolaborasi, Demonstrasi Kontekstual, Elaborasi Pemahaman, Koneksi Antarmateri, dan Aksi Nyata.

Pada alur Mulai dari Diri, Eksplorasi Konsep, Demonstrasi Kontekstual, Koneksi Antarmateri, dan Aksi Nyata CPP belajar secara mandiri di LMS. Sedangkan pada alur Ruang Kolaborasi dan Elaborasi Pemahaman, CPP belajar melalui Google Meet atau Zoom Meet bersama fasilitator dan instruktur.

Pembekalan calon pengajar praktik

Hari Pertama, CPP mengikuti Pembukaan dan Orientasi Pembelajaran serta Tes Awal.

Hari Kedua, CPP belajar tentang Penyelarasan Konsep Modul 1.1 dan Modul 1.2 bersama Instruktur. Selain itu, CPP juga belajar tentang Konsep Alur MERDEKA Modul 1.1 dan 1.2 bersama fasilitator. Tagihan pada hari kedua ini adalah mengunggah Lembar Aktivitas Alur MERDEKA Modul 1.1 dan 1.2 di LMS. Tagihan lainnya adalah refleksi materi modul 1.1 Filosofi Pendidikan Ki Hadjar Dewantara dan modul 1.2 Nilai dan Peran Guru Penggerak.

Hari Ketiga, CPP belajar tentang Penyelarasan Konsep Modul 1.3 dan Modul 1.4 bersama instruktur. Selain itu, CPP juga belajar tentang Konsep Alur MERDEKA Modul 1.3 dan 1.4 bersama fasilitator. Tagihan pada hari kedua ini adalah mengunggah Lembar Aktivitas Alur MERDEKA Modul 1.3 dan 1.4 di LMS. Tagihan lainnya adalah refleksi materi modul 1.3 Visi Guru Penggerak dan modul 1.4 Budaya Positif.

Deskripsi Pelaksanaan (Lanjutan)

Hari Keempat, CPP CPP belajar tentang Penyelarasan Konsep Modul 2 dan Modul 3 bersama instruktur. Selain itu, CPP juga belajar tentang Konsep Alur MERDEKA Modul 2 dan 3 bersama fasilitator. Tagihan pada hari kedua ini adalah mengunggah Lembar Aktivitas Alur MERDEKA Modul 2 dan 3 di LMS. Tagihan lainnya adalah refleksi materi modul 2 Praktik Pembelajaran yang Berpihak pada Murid dan modul 3 Pemimpin Pembelajaran dalam Pengembangan Sekolah.

Hari Kelima, CPP belajar Modul 5 Penetapan Tujuan, Refleksi, dan Umpan Balik dengan alur belajar MER. Selain itu, juga belajar Modul 1 Pendidikan yang Memerdekakan alur ME. Tagihan pada hari ini adalah Lingkaran Emas Pribadi dan refleksi hari ke-5 yang diunggah di LMS.

Hari Keenam, CPP melanjutkan belajar modul 1 Pendidikan yang Memerdekakan alur belajar RDE. Tagihan tugas hari ini selain menjawab langsung di LMS juga berupa mengunggah rancangan dan media presentasi pemahaman.

Contoh Rancangan dan Media Presentasi Pemahaman

Hari Ketujuh, CPP belajar secara sinkronus dan asinkronus alur EKA modul 1 Pendidikan yang Memerdekakan. Tagihan hari ini sebagai tugas selain menjawab LMS juga membuat blogpost di LMS terkait Pendidikan yang Memerdekakan di tempat kerja masing-masing. Selain itu juga mengunggah rancangan prakarsa perubahan dan kanvas ATAP serta refleksi hari ke-7.

Hari Kedelapan, CPP belajar modul 2 Kepemimpinan Menuju Transformasi Pendidikan alur MERDE. Tagihan dalam bentuk tugas, yaitu menjawab langsung di LMS, mengunggah prakarsa perubahan model BAGJA, dan refleksi hari ke-8.

Deskripsi Pelaksanaan (Lanjutan)

Hari Kesembilan, CPP belajar alur KA modul 2 Kepemimpinan Menuju Transformasi Pendidikan dan alur MER modul 3 Teknik Fasilitasi dalam Pendampingan. Tagihan pada hari ini adalah menjawab langsung di LMS, video praktik fasilitasi kelompok, refleksi hari ke-9, dan evaluasi instruktur modul 2.

Hari Kesepuluh, CPP melanjutkan belajar modul 3 alur DEKA dan modul 4 coaching alur ME. Tagihan pada hari ini adalah menjawab langsung di LMS, rencana alur proses fasilitasi, video proses fasilitasi, refleksi hari kesepuluh, dan evaluasi instruktur modul 3.

Hari Kesebelas, CPP melanjutkan belajar modul 4 Coaching alur RDE. Tagihan hari ini adalah menjawab langsung di LMS, video latihan coaching model TIRTA dan percakapan coaching berupa perencanaan, refleksi, solusi, dan kalibrasi. Tugas lainnya adalah mengisi refleksi hari ke-11.

Hari Keduabelas, CPP melanjutkan belajar modul 4 Coaching alur KA dan modul 5 Penetapan Tujuan, Refleksi, dan Umpan Balik alur EKA. Tagihan berupa kesimpulan materi yang telah dipelajari langsung di LMS dan rekaman praktik supervisi akademik berbasis coaching. Tagihan lainnya adalah refleksi modul 4, refleksi hari ke-12 serta evaluasi instruktur modul 4 dan 5.

Hari Ketigabelas, CPP mengikuti kegiatan Bedah Buku Pendampingan Lokakarya dan Individu secara berkelompok. Tagihan berupa unggahan di LMS hasil bedah buku pendampingan lokakarya dan individu.

Hari Keempatbelas, CPP melanjutkan presentasi bedah buku dan penilaian CGP. Tagihan yang diminta adalah unggahan skenario simulasi fasilitasi lokakarya dan individu secara berkelompok dan pleno. Aktivitas lainnya adalah CPP mengikuti tes akhir pembekalan.

Hari Kelimabelas, CPP melanjutkan presentasi dan melakukan latihan dalam kelompok kecil dan simulasi fasilitasi secara pleno. Setelah itu, CPP mengikuti acara penutupan pembekalan. Tagihan hari terakhir adalah refleksi simulasi dan evaluasi instruktur serta penyelenggaraan pembekalan.

Pembekalan calon pengajar praktik
Sesi Penutupan Pembekalan Calon Guru Penggerak

Hambatan atau Kendala

Secara umum tidak ada kendala yang berarti. Kendala yang dihadapi selama mengikuti pembekalan bersifat teknis. Ketidakstabilan jaringan internet adalah penyebab utama. Beberapa peserta sempat terlempar room saat mengikuti sesi. Sebagian lagi terpaksa off camera agar tetap bisa mengikuti kegiatan melalui Google Meet atau Zoom Meeting. Selain itu, beberapa peserta di kelas O ada yang mengalami kendala gangguan kesehatan yang tidak memungkinkan untuk selalu on camera. Beberapa CPP juga ada yang terkendala dengan aktivitas sehari-hari.

Namun demikian kendala-kendala tersebut dapat diatasi. Terbukti seluruh peserta akhirnya bisa mengikuti pembekalan secara tuntas. Selanjutnya tinggal menunggu penilaian dan pengumuman kelulusan tahap ketiga ini.

Hasil Kegiatan

Rangkaian panjang pembekalan berakhir dengan hasil sesuai tujuan, yaitu:

  1. Meningkatnya pengetahuan dan keterampilan CPP terkait materi dalam modul CGP. Terutama terkait materi baru, yaitu lingkaran emas pribadi, prakarsa perubahan ATAP, keyakinan kelas, restitusi, percakapan coaching, supervisi akademik berbasis coaching, umpan balik EPIK, teknik fasilitasi pendampingan lokakarya dan individu serta penilaian Calon Guru Penggerak;
  2. Tersedianya video latihan coaching, percakapan coaching, supervisi akademik berbasis coaching serta simulasi pendampingan lokakarya dan individu;
  3. Tersedianya produk peserta pembekalan berupa refleksi harian dengan berbagai model, hasil bedah buku panduan pendampingan lokakarya dan individu serta skenario simulasi pendampingan.

Demikian uraian terkait pembekalan CPP angkatan 6 gelombang 2 yang telah selesai dilaksanakan. Ada harapan semua peserta dapat mencapai hasil terbaik berupa kelulusan menjadi Pengajar Praktik. Aamiin.

mo

Leave a Reply

Your email address will not be published.