Seri Penutup ANBK SMP 2021

Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) tingkat SMP dilaksanakan serentak tanggal 4 – 7 Oktober 2021. Pelaksanaan ANBK tersebut berlangsung dalam dua gelombang, yaitu I pada tanggal 4 dan 5 Oktober 2021, sedangkan II tanggal 6 dan 7 Oktober 2021.

SMP Negeri 3 Lingsar sendiri mengikuti ANBK dalam kedua gelombang tersebut. Gelombang I untuk SMP reguler, sedangkan gelombang II diikuti SMP Terbuka Narmada 1. Masing-masing gelombang berlangsung selama dua hari. Masing-masing hari diselenggarakan sebanyak 3 sesi. Masing-masing sesi diikuti sebanyak 15 murid. Total peserta adalah 45 orang dan 5 orang cadangan untuk masing-masing sekolah.

Pelaksanaan ANBK SMP Negeri 3 Lingsar 2021

Secara umum ANBK 2021 berjalan lancar selama dua hari pelaksanaan. Namun, pada gelombang 1 terjadi gangguan teknis. Sebanyak 9 orang peserta dari sesi 1 sampai 3 tidak dapat melanjutkan mengerjakan soal literasi sampai pengisian survei karakter. Demikian halnya pada pelaksanaan hari kedua, numerasi dan survei lingkungan belajar. Pada bagian ini ada 3 orang murid SMP Negeri 3 Lingsar mengalami gangguan teknis sama seperti sebelumnya.

Berbeda halnya dengan penyelenggaraan ANBK gelombang 3 yang relatif lancar tanpa kendala. Pada penyelenggaraan SMP Terbuka Narmada 1 ini, sebanyak 45 orang peserta berhasil menyelesaikan seluruh rangkaian tes. Baik itu hari pertama maupun kedua.

Sesuai dengan arahan, pusat memberikan kesempatan kepada peserta yang gagal menyelesaikan tes. Upaya tersebut melalui penjadwalan ulang. Penjadwalan ulang untuk pelaksanaan tanggal 6 dan 11 – 14 Oktober 2021. Sesuai petunjuk dari pihak sekolah, SMP Negeri 3 Lingsar menyelenggarakan tes ANBK ulang pada tanggal 11 dan 12 Oktober 2021.

Pelaksanaan ANBK Ulang SMP Negeri 3 Lingsar

Pada hari pertama tanggal 11 Oktober, sebanyak 9 peserta berhasil menyelesaikan tes ANBK tanpa kendala. Sedangkan pada hari kedua tanggal 12 Oktober, sebanyak 3 orang sukses menuntaskan tes numerasi dan survei lingkungan belajar. Dengan suksesnya peserta menyelesaikan tes ANBK, maka berakhirlah sesi ujian ulang sebagai seri penutup ANBK SMP tahun ini.

Semoga nilai ANBK menjadi gambaran nyata yang bermanfaat untuk perbaikan mutu pendidikan di masing-masing sekolah. Terlepas dari kendala yang ada, terima kasih untuk semua tim penyelenggara ANBK yang terlibat. Sedikit banyak, peran tersebut merupakan salah satu kontribusi nyata bagi upaya peningkatan mutu pendidikan sekolah. Sungguh Seri penutup ANBK SMP yang seru. Tetap saja seru meskipun di akhirnya ada kabar yang membuat wajah tidak berseri-seri.

Leave a Reply

Your email address will not be published.