Setahun Lagerunal Berliterasi

Ada keseruan dalam setiap perayaan. Banyak yang benar-benar larut dalam samudera kebahagiaan. Tidak jarang ada juga yang terlihat bahagia untuk menyembunyikan kekhawatiran, kecemasan atau kesedihan. Sah-sah saja. Kenapa? Sebab sejatinya memang tidak ada petunjuk khusus memaknai sebuah kebahagiaan. Yang terpenting dalam hal ini adalah bagaimana orang terlihat bahagia. Apa pun status kebahagiaannya dan bagaimanapun latar belakangnya.

Tidak terkecuali perayaan setahun komunitas Cakrawala Bloger Guru Nasional (Lagerunal) tanggal 21 November 2021. Dalam perayaan secara daring ini seharusnya dihadiri 186 orang anggota Lagerunal. Namun, sayangnya hanya sekian persen saja yang bisa dan sempat hadir. Menyedihkan memang. Namun, ini adalah sebuah kondisi yang tidak harus ditangisi atau diratapi. Bagaimanapun juga jumlah bukanlah alasan utama untuk tidak bisa menciptakan keseruan bersama. Dalam jumlah sedikit pun bisa menciptakan kemeriahan sebuah pesta. Sekecil apa pun, syukurlah yang akan menjadikannya terasa besar manfaatnya.

Iya. Sebuah pesta besar memang tidak layak jika harus disertai kesedihan. Jika pun ada, sebisa mungkin sembunyikan. Begitu akan lebih baik bagi jiwa-jiwa lain yang benar-benar bahagia. Nikmati dan syukuri seberapa pun adanya adalah hal terbaik. Toh pada akhirnya hal-hal baik akan lahir dari pikiran-pikiran baik. Hal-hal baik itu akan terus berkembang dengan kebaikan berbagi yang dilakukan. Pesta akan tetap dikenang dengan rekaman perayaan yang dibagikan. Dengan demikian, kelak tiba saatnya pesta itu akan benar-benar menjelma akbar.

Semua membutuhkan proses. Termasuk menjaga keberlanjutan dan keberlangsungan komunitas beserta program-programnya. Ajakan demi ajakan akan membesarkan. Inovasi demi inovasi pun akan melanggengkan. Bukan siapa-siapa yang bertugas melaksanakannya, melainkan kita semua. Menumbuhkan komitmen kebersamaan, menjaga konsistensi menumbuhkan, dan menebalkan niat berbagi kebaikan adalah kunci. Tidak terkecuali menjaga apa yang sudah baik dan meningkatkan hal-hal yang membutuhkan perbaikan.

Setahun hanyalah bilangan. Bagian terpenting adalah mengisinya dengan kebaikan penuh makna. Selain itu, juga menguatkan niat untuk terus lebih baik ke depannya.

Selamat ulang tahun, Lagerunal! Tetaplah menjadi wadah belajar dan berbagi bagi para pegiat literasi demi kemajuan negeri!

Bersama kita bisa belajar dan berbagi demi kemajuan literasi negeri.

Simak Setahun Lagerunal Berliterasi selengkapnya dalam video-video berikut ini!

Testimoni Ulang Tahun Komunitas Lagerunal
Program Komunitas Lagerunal
Pesta Setahun Berliterasi Komunitas Lagerunal

Mari bergabung dalam komunitas Lagerunal untuk bisa belajar dan berbagi demi kemajuan literasi negeri dengan cara klik tombol BERGABUNG di bawah ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.