Simulasi Mengajar Guru Penggerak: Begini Skenarionya!

Skenario pembelajaran diperlukan demi kelancaran proses simulasi mengajar guru penggerak. Skenario yang disusun berdasarkan pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang telah disusun sebelumnya. Tujuannya adalah agar proses pembelajaran tidak keluar jalur.

Terlebih lagi dalam Simulasi Mengajar Calon Guru Penggerak telah ditentukan waktunya, yaitu selama sepuluh menit. Dalam waktu yang singkat, calon guru penggerak harus bisa mengajar sesuai RPP. Dalam hal ini kejelian mengatur waktu sangat diperlukan. Yang perlu diingat saat pra simulasi mengajar adalah menyiapkan identitas diri berupa KTP untuk mencocokkan diri peserta dan menjelaskan materi serta tujuan pembelajaran kepada asessor.

Salah satu cara untuk menjamin efektivitas waktu adalah persiapan. Persiapan yang dilakukan oleh calon guru penggerak harus benar-benar matang. Yang harus dipersiapkan bukan saja sarana dan prasarana pendukung, tetapi juga media pembelajaran. Tidak terkecuali adalah skenario pembelajaran selama sepuluh menit.

Simulasi Mengajar Guru Penggerak

Berikut ini adalah contoh skenario untuk mata pelajaran IPA SMP kelas 8.

Skenario Pembelajaran Simulasi Mengajar Guru Penggerak

Mata Pelajaran

Ilmu Pengetahuan Alam

Sasaran

Peserta Didik kelas 8 SMP Negeri 3 Lingsar

Durasi

10 menit

Materi

Pesawat Sederhana dalam Kehidupan Sehari-hari

Kompetensi Dasar

  • KD 3.3. Menjelaskan konsep pesawat sederhana dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari termasuk kerja otot pada struktur rangka manusia.
  • KD 4.3. Menyajikan hasil penyelidikan atau pemecahan masalah tentang manfaat penggunaan pesawat sederhana dalam kehidupan sehari-hari.

Pengertian

Peserta didik kelas 8 SMP Negeri 3 Lingsar diharapkan mampu memahami konsep pesawat sederhana dalam kehidupan sehari-hari. Peserta didik juga diharapkan memiliki kemampuan menulis laporan hasil identifikasi pesawat sederhana dalam kehidupan sehari-hari. Ilmu ini bermanfaat bagi peserta didik dalam menentukan pesawat sederhana yang tepat untuk membantu memudahkan pekerjaannya.

Sinopsis

Kegiatan pembelajaran diawali dengan mengingatkan kembali jenis-jenis pesawat seserhana. Selanjutnya dilakukan penayangan video pesawat sederhana dalam kehidupan sehari-hari. Pemilihan media ini untuk memudahkan peserta didik dalam memahami manfaat pesawat sederhana dalam kehidupan sehari-hari.

Setting Simulasi Mengajar Guru Penggerak

Ruangan dengan pencahayaan baik di sekolah atau rumah.

Properti Simulasi Mengajar Guru Penggerak

Properti yang dibutuhkan dalam pembelajaran ini ada tiga macam.

  • Pertama, administrasi pembelajaran. Meliputi buku paket IPA kelas 8, daftar hadir siswa, alat tulis, Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), dan lembar presentasi LKPD;
  • Kedua, media pembelajaran. Berupa contoh pesawat sederhana dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya, gunting, obeng, pisau, tang, sekerup, dll;
  • Ketiga, sarana dan prasarana pembelajaran. Termasuk di dalamnya adalah proyektor LCD, laptop, gawai, speaker, mic on, dll.

Talent Simulasi Mengajar Guru Penggerak

Guru.

Kegiatan Awal

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Semangat pagi, Anak-anak Hebat! Sebelum mulai pelajaran, mari kita berdoa bersama-sama. Berdoa, mulai! Selesai! Siapa tidak hadir hari ini? Alhamdulillah semua bisa hadir, ya.

Anak-anak Hebat! Bagaimana perasaan kalian hari ini? Wah pastinya senang sekali bisa kembali bertatap muka hari ini. Alhamdulillah.

Pada pertemuan sebelumnya sudah kita bahas tentang jenis-jenis pesawat sederhana. Masih ingat, bukan? Coba Ricko sebutkan! Katrol. Betul sekali. Baiq? Tuas atau pengungkit. Iya. Terakhir, Rina? Betul sekali. Bidang miring.

Sebelum kita mulai, tujuan pembelajaran kita hari ini adalah kalian mampu menyajikan hasil identifikasi manfaat pesawat sederhana dalam kehidupan sehari-hari. Apa sajakah manfaatnya itu? Penasaran? Pengin tahu? Yuk kita simak tayangan video berikut ini!

Kegiatan Inti

Guru menayangkan video pembelajaran tentang pesawat sederhana dalam kehidupan sehari-hari.

Wah! Ternyata banyak sekali pesawat sederhana dalam kehidupan Kita sehari-hari, ya. Ada obeng, tang, pisau, dan lain-lain. Dari semua pesawat sederhana di sekitar kita tersebut, bisakah kalian mengidentifikasinya? Pasti bisa dong! Nah ini Pak Guru bagikan Lembar Kerja untuk identifikasi pesawat sederhana dalam kehidupan sehari-hari.

Guru menayangkan format identifikasi pesawat sederhana dalam kehidupan sehari-hari.

Nah kalian perhatikan format identifikasi berikut ini. Tugas kalian adalah pertama membentuk kelompok berdasarkan warna di sudut Lembar Kerja. Kemudian kedua, lakukan identifikasi pesawat sederhana yang ada di sekitar bersama kelompok kalian.

Tuliskan nama di kolom ini. Lalu golongan pesawat sederhana, apakah tuas jenis I, jenis II atau III, atau katrol atau bidang miring di kolom berikutnya. Selanjutnya gambarkan skema titik tumpu, titik beban, dan titik kuasa di kolom ketiga. Di kolom keempat atau terakhir, silakan dituliskan manfaatnya masing-masing bagi manusia.

Sampai sini ada pertanyaan? Tidak ada. Oke. Selamat mengidentifikasi.

Oke! Berhubung semua sudah selesai, silakan kelompok berapa yang sudah siap presentasi? Oke. Kelompok V. Kelompok V siapa yang akan mewakili? Rani? Silakan Rani mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya.

Guru bertepuk tangan sambil berkata, “Wow! Presentasi yang luar biasa. Tepuk tangan untuk kelompok V. Silakan lanjut kelompok lainnya!”

Kegiatan Akhir Simulasi Mengajar Guru Penggerak

Berhubung semua kelompok sudah mempresentasikan hasilnya, pertemuan kita cukupkan sampai di sini dulu, ya.

Sebelum kita akhiri, ada yang bisa menyimpulkan pertemuan hari ini? Coba Deni. Iya. Betul sekali. Lengkapnya adalah banyak pesawat sederhana di sekitar kita yang bermanfaat memudahkan pekerjaan manusia. Ada tambahan? Iya, Soni. Apa tadi? Iya. Betul itu. Pesawat sederhana memiliki manfaat berbeda-beda.

Sebelum berakhir, sekadar refleksi bahwa semua presentasi tadi sudah sangat keren! Namun, masih ada yang harus diperbaiki, terutama dalam gambar skema. Kalau menurut kalian, apa kesan dan pesan selama mengikuti proses pembelajaran Pak Guru hari ini? Silakan tulis kesan dan pesan kalian di buku catatan refleksi kalian masing-masing, setelah selesai kalian kumpulkan, ya.

Alhamdulillah buku catatan refleksi sudah terkumpul semua. Nanti Pak Guru pelajari untuk perbaikan pertemuan selanjutnya. Selanjutnya tugas kalian di rumah adalah melakukan penyelidikan manfaat dari pesawat sederhana yang ada di sekitar lingkungan rumah kalian masing-masing. Setelah itu buatlah laporan penyelidikan dengan format yang telah Pak Guru bagikan.

Oya, kapan bisa dikumpulkan, nih? Minggu depan? Oke. Kita sepakat minggu depan, ya. Minggu depan jangan lupa dikumpulkan.

Si Ucup makan daun pepaya
Rasanya pahit tak tertahankan
Cukup sekian dulu dari saya
Jangan lupa jaga kesehatan!

Mari kita tutup pertemuan hari ini dengan doa bersama. Berdoa mulai. Selesai.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Demikian contoh skenario pembelajaran IPA Kelas 8 materi Pesawat Sederhana dalam kehidupan sehari-hari. Semoga bermanfaat dalam memudahkan melakukan simulai mengajar bagi calon guru penggerak.

Salam guru penggerak!

Leave a Reply

Your email address will not be published.