Sinopsis ‘Aksi Nyata Merdeka Belajar’

Kebijakan Merdeka Belajar dari Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi RI, melahirkan beberapa program unggulan. Program-program terkait pendidikan tersebut mencakup banyak aksi. Beberapa di antaranya dapat diikuti oleh guru sebagai salah satu aktor kemajuan pendidikan. Salah satu program yang dapat diikuti guru dalam rangkaian Merdeka Belajar adalah Pendidikan Guru Penggerak.

Pendidikan Guru Penggerak merupakan program Merdeka Belajar episode 5. Program ini bertujuan menyiapkan guru sebagai pemimpin pembelajaran. Selama 6 dan 9 bukan, guru diingatkan kembali tentang refleksi pendidikan Ki Hadjar Dewantara. Refleksi ini terkait dengan perubahan diri guru. Selain itu, guru juga disegarkan kembali pemahaman dan keterampilannya terkait perubahan di kelas dan sekolah.

Pendidikan Guru Penggerak meninggalkan catatan berupa praktik baik pembelajaran. Praktik-praktik baik itu terangkum dalam aksi nyata yang telah dilakukan. Bukan saja selama mengikuti pendidikan, melainkan juga setelah selesai pendidikan. Beberapa aksi nyata dilakukan dicatat agar menjadi inspirasi bagi sejawat untuk menerapkan perubahan di sekolah masing-masing. 

Aksi nyata yang dilaksanakan fokus pada perubahan diri, kelas, dan sekolah sebagai dasar transformasi pendidikan secara luas. Aksi-aksi nyata yang dilaksanakan di antaranya berkaitan erat dengan peran guru penggerak. Peran-peran tersebut adalah menjadi pemimpin pembelajaran, menjadi coach bagi guru lain, mendorong kolaborasi, mewujudkan kepemimpinan murid, dan menggerakkan komunitas praktisi. Berdasarkan peran tersebut berbagai aksi nyata terkait merdeka belajar pun dilakukan.

Aksi-aksi nyata tersebut, yaitu pemetaan kebutuhan murid, pembuatan keyakinan kelas, praktik restitusi, coaching, supervisi berbasis coaching, literasi berdiferensiasi, integrasi TIK dalam mata pelajaran, IPA bercerita, satu guru satu poster, dan peningkatan kompetensi guru dan murid dalam memanfaatkan TIK. 

Semua aksi nyata berdampak pada murid dan mudah direplikasi sesuai syarat utama prakarsa perubahan. Guna memudahkan dilengkapi dengan langkah-pangkah sistematis dalam implementasi. Selain itu, dilengkapi dengan dokumen pribadi sebagai inspirasi. 

Leave a Reply

Your email address will not be published.